Pengaruh informasi terhadap aspek ekonomi & sosial budaya

“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.” — Raymond Mcleod

Artikel ini membahas pengaruh sebuah informasi untuk aspek – aspek ekonomi dan sosial budaya yang terjadi di era perkembangan teknologi saat ini. Karena informasi akan sangat berdampak luas bagi kehidupan masyarakat, maka informasi mempengaruhi banyak keputusan. Informasi memiliki karakteristik khusus, yaitu sangat mudah untuk dibuat tetapi sulit untuk dipercaya (bagi orang – orang yang sudah memiliki kemampuan cara berfikir yang baik). Siapapun dapat membuat informasi yang bersifat sebuah kebenaran, hoax, bahkan konspirasi. Saat ini, banyak perusahaan yang menginvestasikan sedikitnya 5% untuk IT perusahaan tersebut, ini menjadi sebuah bukti bahwa nama sebuah perusahaan akan berkembang jika dikembangkan di sektor informasi.

Aspek Ekonomi, informasi Informasi merupakan unsur penting bagi investor dan pelaku bisnis karena informasi pada hakikatnya menyajikan keterangan, catatan atau gambaran baik untuk keadaan masa lalu, saat ini maupun keadaan masa yang akan datang bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan dan bagaimana pasaran efeknya. Informasi yang lengkap, akurat dan tepat waktu sangat diperlukan oleh investor di pasar modal sebagai alat analisis untuk mengambil keputusan investasi. Apabila pengumuman tersebut mengandung nilai positif, maka diharapkan pasar akan bereaksi pada waktu pengumuman tersebut diterima oleh pasar.

Gambaran umum Hubungan Informasi terhadap suatu Perekonomian

Bagaimana informasi mempunyai value terhadap ekonomi ? Di zaman modern ini kita mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya High fixed cost, low variable cost sebagai cara yang paling tepat untuk memajukan ekonomi informasi. Tapi, apakah sejak dulu banyak perusahaan yang beranjak dari metode ini ? Jawabannya ya, kebanyakan orang – orang dulu tidak memakai metode ini. Karena dulu, orang yang berfikir seperti ini sangat sedikit. Jadi memang, banyak orang yang serta merta langsung menginvestasikan seluruhnya dari copy aslinya langsung, padahal mereka dapat mengcopy dari copy-an kedua atau ketiganya.

Dalam batas hubungan informasi terhadap ekonomi, pastinya informasi berperan penting dalam mencapai keefikitivitasannya. Pertama, informasi dapat meningkatkan efiktivitas dalam bisnis. Dengan pengelolaan informasi yang terogarnisir, proses pengambilan dan penyimpanan data akan lebih mudah dan cepat. Sehingga informasi dapat mengalir dalam suatu organisasi dengan lancar, sehingga proses bisnis akan lebih baik. Kedua, memberikan insentif bagi industri. Jika perusahaan sudah berani menginvestasikan dalam bidang IT, IT akan menjadi aset yang berharga dan diharapkan kedepan akan menjadi profit yang baik bagi perusahaan. Ketiga, ekonomi informasi dapat meningkatkan kemampuan informasi. Informasi antar departemen akan lebih baik dan terintegritas, sehingga proses bisnis akan berjalan lebih baik.

Buatlah contoh nilai ekonomi suatu informasi ! Reaksi pasar ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham pada waktu informasi diumumkan dan semua pelaku pasar sudah menerima informasi tersebut, dimana pelaku pasar terlebih dahulu menginterpretasikan dan menganalisis informasi tersebut sebagai sinyal baik (good news) atau sinyal buruk (bad news). Jika pengumuman informasi tersebut sebagai sinyal baik bagi investor, maka terjadi perubahan dalam harga saham saham, dimana harga saham menjadi naik. Pengumuman informasi akuntansi memberikan sinyal bahwa perusahaan mempunyai prospek yang baik di masa mendatang (good news) sehingga investor tertarik untuk melakukan perdagangan saham, dengan demikian pasar akan bereaksi yang tercermin melalui perubahan dalam harga saham. Dengan demikian hubungan antara publikasi informasi baik laporan keuangan, kondisi keuangan ataupun sosial politik terhadap fluktuasi harga saham dapat dilihat dalam efisiensi pasar.

Aspek sosial budaya, sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar.  Sedangkan budaya berasal dari kata bodhya yang artinya pikiran dan akal budi. Budaya juga diartikan sebagai segala hal yang dibuat manusia berdasarkan pikiran dan akal budinya yang mengandung cinta dan rasa.  Jadi kesimpulannya, sosial budaya merupakan segala hal yang di ciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Gambaran umum Hubungan Informasi terhadap sebuah sistem Sosial Budaya

Bagaimana informasi bisa memepunyai value terhadap sosial dan budaya ? Adalah cara berkomunikasi, karena informasi yang membawa perubahan dalam cara kita berkomunikasi, maka perubahan akan terjadi berdasarkan banyaknya waktu yang diluangkan seseorang untuk hal tersebut. Adalah cara kita berpakaian, karena pengaruh modernisasi dan globalisasi, masyarakat mulai mengubah cara berpakaian mereka dari sebuah informasi yang sudah diterimanya. Yang teakhir, adalah sebuah gaya hidup yang kebanyakan orang juga berubah, ada yang menjadikan sebagai gaya hidup yang baik seperti vegetarian. Namun ada pula yang sesat seperit mengkonsumsi narkoba. Di dapat dari sebuah informasi yang sudah dicari. Selebihnya, dapat dilihat dari kepercayaan, westernisasi, dll.

Buatlah contoh nilai sosial budaya suatu informasi ! Contoh perubahan sosial juga dilihat dari tata krama. Saat ini nilai dan norma kesopanan mulai berkurang. Misalnya dalam ruang lingkup keluarga, seorang anak menjadi kurang sopan terhadap orang tuanya. Hal ini berbeda dengan sikap sopan santun zaman dulu.

Bagaimana penggunaan informasi dengan cara memperhatikan aspek sosial budaya bisa berbeda – beda tiap negaranya ? Karena perubahan sosial dasarnya ada tiga, yaitu berkelanjutan, imitatif, disorganisasi sementara yang di mana “berkelanjutan” adalah masyarakat di manapun akan mengalami perubahan, bisa secara cepat bisa juga secara lambat. Perubahan sosial sudah pasti terjadi pada masyarakat dan akan terus berkembang. Hal ini adalah konsekuensi dasar karena manusia merupakan mahkluk sosial. “Imitatif” misalnya perubahan terjadi pada suatu kelompok masyarakat, nah hal tersebut akan diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya. Kok bisa? Ya, hal itu terjadi karena masing-masing kelompok akan saling mempengaruhi, mereka tidak dapat mengisolir diri dari perubahan-perubahan yang ada. “Disorganisasi sementara” adalah sebuah keadaan yang kacau, hal ini merupakan akibat dari adaptasi bagian-bagian masyarakat terhadap perubahan sosial yang terjadi. Perubahan sosial yang sifatnya cepat, biasanya akan menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara. Contoh disorganisasi sementara pada perubahan sosial itu seperti disorganisasi politik pasca reformasi yang dialami oleh Indonesia pada tahun 1998.

Dari tiga ciri – ciri yang dibuat, maka dapat disimpulkan jika perubahan aspek sosial budaya di setiap negara bisa berbeda – beda karena yang pertama aspek imitatif. Diibaratkan ada sekelompok orang yang baru mengalami perubahan, maka hal tersebut akan secara cepat atau lambat akan merambat (bisa telah terjadi setelah lima tahun berikutnya), sehingga akan terlihat adanya perubahan perubahan mendasar yang disebarkan oleh informasi itu sendiri. Yang kedua aspek berkelanjutan, karena hal ini merupakan mendasar, maka saya menganalogikan bahwa setiap abad dari tiap – tiap generasi akan memiliki perubahan berdasarakan masa lalu, negara tetangga, dan lain sebagainya, karena pada dasarnya manusia diciptakan untuk berkembang dan bersosialisasi dengan perantara informasi yang mempercepatnya. Yang ketiga ada disorganisir sementara, yaitu dianalogikan seperti kejadian 1998 yang menjadi perubahan konkrit yang disebarluaskan oleh informasi

Itu yang bisa saya simpulkan dari semua yang saya tau tentang topik ini. Di sisi lain, ada banyak ahli – ahli dan pengamat informasi yang punya pendapat dan gagasan lain yang berbeda. Makanya, sejak awal saya tekankan bahwa apa yang saya bahas di sini, sedikit banyak dipengaruhi oleh pendapat saya pribadi. Tapi semoga bahasan gua di atas ini, bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda! 🙂

==========catatan editor==========

Maaf saya tidak menertakan url link dari materi yang saya dapatkan, jika anda ingin berminat melihat refrensinya bisa e-mail saya di [email protected]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *